Dinas Kesehatan Tulangbawang Pastikan Bahan Pokok Tersedia dan Aman Dikonsumsi

| 228 views

Lampungnewspaper.com – pada saat bulan suci ramadhan, dan menjelang hari raya Idul fitri, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang, memastikan kebutuhan pokok, agar tersedia dan cukup aman untuk dapat dikonsumsi oleh masyarakat di Kabupaten Tulangbawang, Selasa (27/04/2021).

Hal tersebut dilakukan dengan cara melaksanakan sidak pasar dibeberapa titik yang ada di Kabupaten Tulangbawang, diantaranya seperti di Pasar Putri Agung Menggala dan Pasar Unit II Banjar Agung.

Kegiatan dilaksanakan bersama Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Tulangbawang berserta Tim Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tulangbawang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Lasmini menjelaskan, bahwa dengan melakukan sidak pasar, pihaknya dapat memastikan stok pangan berikut keamanan disegi kesehatannya selama bulan suci ramadhan hingga idul fitri.

“Hasilnya, selain cukup dan tersedia, kualitas bahan pokok di Kabupaten Tulangbawang baik, hanya ada beberapa yang mengandung bahan berbahaya dan kadaluarsa, namun langsung disingkirkan,” ungkap Lasmini.

Dilanjutkan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang ini, bahwa bahan berbahaya yang ditemukan tersebut, diantaranya seperti borak, formalin dan pewarna pakaian, para pedagang mengaku tidak mengetahui adanya kandungan bahan berbahaya didalam bahan pokok yang dijual.

“Untuk itu kita lakukan pendalaman terhadap yang menjual dan kemudian kita sampaikan peringatan kepada yang memasok kebutuhan pokok tersebut, yang selanjutnya jika tetep menjual bahan pokok berbahaya, makan kedepan agar diproses secara hukum yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Putri Agung Menggala, yang namanya tidak ingin ditulis, mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang bersama Tim Setdakab dan Loka POM di Kabupaten Tulangbawang yang mana telah turut serta peduli mengawasi peredaran penjualan pangan.

“Kita kerja ini mau cari berkah, jangan sampai karena ulah oknum pedagang atau pemasok dapat merugikan orang lain, karena jika semua bahan pokok tersedia dan aman dikonsumsi, maka tentunya tingkat kepercayaan masyarakat dalam membeli akan meningkat, yang tentunya berimbas baik kepada penghasilan kami para pedagang,” ungkapnya.

Sedangkan, Yenny, salah satu pembeli di Pasar Putri Agung Unit II Banjar Agung menyampaikan apresiasi atas apa yang dilakukan Dinas Kesehatan Tulangbawang bersama Loka POM di Kabupaten Tulangbawang dan Tim Setdakab Tulangbawang, yang mana telah melakukan sidak pasar.

“Dengan monitoring di bulan suci ramadhan dan menjelang idul fitri seperti saat ini, tentunya sangat baik, sebab tidak menutup kemungkinan akan ada oknum-oknum nakal yang menjual bahan pokok tidak baik untuk di konsumsi, mengingat meningkatnya daya beli masyarakat di bulan suci ramadhan dan menjelang idul fitri, sehingga mereka memanfatkan itu untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dengan tidak memikirkan dampak buruknya,” tutup dia. (FAY/MAD).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *