Pemkab Pesawaran Jamin Ketersediaan Pupuk Subsidi

| 930 views

LAMPUNGNEWSPAPER.COM – Pemerintah menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi bagi kelompok tani yang masuk dalam Rencana Definitif Kelompok Tani (RDKK). Ya, realisasi penyaluran pupuk bersubsidi untuk periodesasi Januari sebagian besar sudah melebihi dari alokasi.

“Penyaluran pupuk bersubsidi di Januari lalu sudah direalisasikan kepada petani. Dan yang perlu di pahami bahwa tidak seluruh petani yang dapat pupuk bersubsidi,”ungkap Kepala Dinas Pertanian Anca Martha Utama.N, Rabu (3/2).

Dikatakan, mekanisme dan aturan keperuntukan pupuk bersubsidi diatur dalamP eraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 49 Tahun 2020, pupuk bersubsidi diperuntukkan bagi petani yang telah bergabung dalam poktan. Dimana klompok ini adalah yang terdaftar dalam Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

“Lahan maksimal dua hektar, terdaftar dalam RDKK dan mengisi e – RDKK, apa komoditinya. Keperluan pupuknya, dan didaftarkan petani menggunakan pupuk di bulan apa,” ucapnya.

Menurut Anca, kebutuhan pupuk bersubsidi bagi para petani yang tergabung dalam RDKK akan terpenuhi. Namun petani perkebunan, petani perambah, petani garapan yang tidak tergabung dalam RDKK tentunya juga menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Pesawaran

“Berbicara kebutuhan para petani akan pupuk bersubsidi tidak akan pernah cukup untuk seluruh petani di kabupaten pesawaran. Namun bagi petani yang tergabung dalam RDKK pasti terjamin ketersedian pupuk bersubdisi,” pungkasnya.

Adapun realisasi pupuk bersubsidi pesawaran periode Januari di 11 kecamatan, untuk jenis pupul Urea alokasi sebanyak 1.302 ton dan realisasinya 2.709 ton.

Kemudian, pupuk SP-36 alokasinya sebanyak 232 ton dan realisasi 160 ton, ZA (alokasi 135 ton, realisasi 64 ton), NPK (alokasi 1.048 ton, realisasi 1.143 ton), dan Organik (alokasi 58 ton). (rnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *