KPU Lamteng Pekerjakan 100 Orang Lipat Susu

| 269 views

Lampungnewspaper.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Tengah mulai melakukan pelipatan surat suara (Susu) dan mempersiapkan Alat Pelindung Diri (APD) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020, sesuai aturan Protokol Kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah masyarakat di pekerjakan. Guna melipat surat suara, dan menyiapkan APD di Gudang Logistik KPU, Kelurahan Bandarjaya Barat, Kecamatan Terbanggibesar, Lamteng, Kamis (26/11).

Ketua KPU Lamteng Irawan Indra Jaya mengatakan, bahwa untuk proses melipat surat suara, KPU mempekerjakan sebanyak 100 orang dengan 10 kordinator, perosesnya tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Setiap 10 orang satu kordinator, jadi jumlahnya 100 orang. Dan mereka di pagi tadi sebelum melakukan pelipatan surat suara, mereka masuk cuci tangan terlebih dahulu. Kemudian cek suhu tubuh, dan menggunakan masker. Lalu setelah kita bacakan tatip cara melipat, baru mereka melakukan pelipatan,” ucapnya.

Target penyelesaian pelipatan kertas surat suara, kata Irawan, 2-3 hari selesai.

“Mudah-mudahan bisa selesai dalam 2-3 hari ini. Pastinya dalam pelipatan kertas surat suara dalam pengawasan Bawaslu dan Polres Lamteng,” ujarnya.

Ditanya terkait kerusakan surat suara, Irawan mengungkapkan, bahwa sampai dengan saat ini masih belum di ketahui berapa jumlah surat suara yang rusak.

“Pasti ada, tapi kita belum tahu jumlahnya berapa. Dan belum bisa kita monitor hari ini, mungkin besok sudah bisa diketahui berapa yang rusak dan berapa yang bagus sudah terlipat,” terangnya.

Surat suara yang ada, kata Irawan, sesuai jumlah DPT ditiap tps ditambah dengan dua setengah persen. “Untuk APD pun juga sudah di persiapkan. Disini sudah ada hand sanitizer, ember lengkap dengan kran air, masker, tisu, ada semua disini, yang belum datang Thermo Gun. Jumlah sesuai TPS 2.390, dan setiap TPS wajib ada,” ungkapnya.

Irawan menjelaskan, nantinya bagi pemilih yang ingin melakukan proses pencoblosan, namun memiliki suhu 37,3 derajat celcius maka dari pihak KPPS akan memberikan pakaian hazmat lengkap.

“Kpps akan memberikan seragam hazmat lengkap kepada pemilih, bagi pemilih yang memiliki suhu 37,3 drajat celcius,” ungkapnya.

Diketahui, KPU Lamteng menerima kertas surat suara untuk Pilkada 9 Desember 2020, Minggu (22/11) sekitar pukul 09.00 WIB. Kertas surat suara diangkut satu truk boks warna hijau B 9049 UXV.

Kertas surat suara yang diterima sebanyak 482 boks isi 2.000 lembar dan 1 boks isi 1.530 lembar dengan perincian 965.530 lembar. (asw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *