Baznas Lamteng Bagi 218 Paket Sembako Bantu Masyarakat Miskin

| 519 views

LAMPUNGNEWSPAPER.COM – Badan Amil Zakat Nasional Lampung Tengah (BAZNAS Lamteng) membagikan 218 Paket Sembako kepada warga miskin yang bekerja sebagai tenaga tukang becak dan pemulung serta kuli bangunan.

Pembagian paket sembako dilakukan langsung oleh Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto Selaku Dewan Pembina BAZNAS Lamteng didampingi Ketua BAZNAS Lamteng Hi.Sutrisno dipelataran Kantor Baznas Lamteng Jalan Proklamator Raya Bandarjaya, Kamis (14/05/2020).

Dalam kesempatan tersebut Loekman menyampaikan bahwa BAZNAS Lamteng hari ini memberikan bantuan paket sembako setelah puluhan kali melakukan hal serupa secara rutin setiap bulan Ramadhan.

“Alokasi bantuan dari BAZNAS Lamteng selama ini tidak semata untuk umat muslim namun untuk kepentingan maslahat umat. BAZNAS Lamteng juga telah memberikan bantuan permodalan kepada warga miskin dibidang peternakan kambing dan itik juga UMKM,” ucapnya.

Loekman berpesan kepada Pengurus BAZNAS Lamteng untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada tenaga tukang becak, pemulung dan kuli bangunan. “Nanti kedepannya juga akan dapat meningkatkan derajat ekonomi mereka dan bisa menjadi tenaga kerja yang lebih baik lagi,” harap Loekman.

Sementara itu, Hi.Sutrisno mengutarakan bantuan paket sembako ini dengan menggunakan dana zakat penghasilan yang dipotong 2,5% dari pegawai Aparatur Negeri Sipil (ANS) Kabupaten Lampung Tengah serta warga.

“Untuk alokasi pembagian zakat kami menyalurkan ke 8 asnaf yakni amil zakat, fakir, miskin, ibnu sabil, fisabilillah, mualaf, gharim, dan riqab. Hari ini kami mengalokasikan 218 paket sembako untuk warga miskin, dan selanjutnya akan menyalurkan zakat 300 paket sembako ke marbot ( penjaga masjid),” jelas Sutrisno.

Untuk zakat fitrah, kata ia akan disalurkan 28 ton beras untuk 28 kecamatan di Lampung Tengah. Untuk dana zakat fitrah dan infak ditahun 2020 ini BAZNAS Lamteng berhasil mengumpulkan sejumlah Rp 400 juta dari target yang ingin dicapai Rp 500 juta.

Sedangkan dari rincian dana zakat penghasilan ASN dan warga di bulan Januari 2020 telah terkumpul dana Rp 232.622.723, lalu Februari Rp 237.631.831, Maret Rp 231.470.006 dan April Rp 224.380.320.

“Alhamdulillah,tingkat kesadaran dan kepercayaan masyarakat di Lampung Tengah terus meningkat dengan menjalankan kewajiban membayar zakat melalui BAZNAS Lamteng. Kami juga berusaha untuk menyalurkan dana zakat penghasilan dan zakat fitrah ini langsung kepada yang berhak menerimanya, dan akan berusaha menindaklanjuti program kerja yang disarankan Bapak Bupati Loekman untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Lamteng,” tambahnya.

Bejo Utomo (57 th) salah satu tukang becak mengucapkan rasa terimakasihnya usai mendapat bantuan paket sembako. “Saya beru pertama kali mendapat bantuan ini dan kami tukang becak yang setiap harinya berpenghasilan kecil dan hanya cukup untuk makan dengan keluarga, mendoakan BAZNAS Lamteng akan semakin maju dalam menjalankan amanah dan amal kebaikan untuk masyarakat, ini sangat membantu kami yang sekarang akibat ada virus corona semakin sulit mencari penghasilan,” ungkapnya.

Selain menyalurkan dana zakat, BAZNAS Lamteng juga menggulirkan dana bantuan permodalan usaha peternakan kambing dan itik. Nilai kepedulian sosial juga tidak luput dari perhatian Baznas Lamteng dengan membantu memberikan dana tambahan senilai Rp 10-20 juta melakukan  bedah rumah dari 8 rumah warga yang kondisinya sudah tidak layak huni.

Hasil kerja nyata BAZNAS Lamteng ini selain mendapat kepercayaan pemerintah daerah lamteng juga mendapat apresiasi dari Baznas Pusat. Secara nasional Baznas Lamteng mendapat reward terbaik sehingga mendapat bantuan modal dari Baznas Pusat untuk peternakan kambing di Kecamatan Seputih Raman masuk dalam 11 Baznas Terbaik se-Indonesia.

Setiap tahun menjelang idul adha BAZNAS Lamteng juga mendapatkan 20 ekor kambing dari Baznas Pusat.Program Korba Berdayakan Desa (BKD) ini hanya untuk 40 BAZNAS seindonesia.

Kemudian mandapat  bantuan modal lumbung padi untuk pertanian di Kecamatan Trimurjo juga masuk di 4 besar se-Indonesia. Dan yang terbaru di tahun 2020 ini Baznas Lamteng masuk di 2 Terbaik se-Indonesia akan mendapat bantuan modal UMKM untuk program Zmart. (lnp).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *