Berita Terkini

Senin, 13/03/17 | 19:51 WIB
Pengelolaan Pulau Kecil Tunggu Juknis
Senin, 13/03/17 | 19:50 WIB
Gubernur Apresiasi Promo Garuda
Senin, 13/03/17 | 19:50 WIB
Tol Bergantung Anggaran Pusat
Senin, 13/03/17 | 19:49 WIB
104 Koperasi Bakal Dibubarkan
Senin, 13/03/17 | 19:48 WIB
Khawatirkan Harga Gabah Terus Turun
Senin, 13/03/17 | 19:48 WIB
Pemprov Percepat Pembangunan Sektor Kesehatan



ADRI Lampung Siap Gelar Konferensi Internasional ADRI Nasional

| E-mail Send | Cetak Print | PDF PDF

BANDARLAMPUNG - Sehari setelah dilantik menjadi Ketua Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (DPD ADRI) Provinsi Lampung di Balai Pelatihan Kesehatan Bapelkes Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (4/3).
Ketua DPD ADRI Provinsi Lampung, Dr.Ir. H.M. Yusuf. S. Barusman, MBA bersama majelis kepengurusannya langsung dihadapkan pada jadwal padat. Pasalnya DPD ADRI Provinsi Lampung ditunjuk Dewan Pengurus Pusat (DPP ADRI) sebagai tuan rumah pagelaran konferensi internasional multidisiplin ADRI tingkat nasional, Mei mendatang.
“Alhamdulillah, kami sambut sangat bangga bisa terpilih sebagai tuan rumah konferensi tersebut. Syukurnya penunjukan ini menjadi salah satu agenda (perdana) pengurus ADRI Lampung masa bakti 2017-2021 yang dikukukan di Batam, Kepulauan Riau ini,” ujar Yusuf, kemarin.
Yusuf melengkapi perhal itu setelah pelantikannya bersamaan dengan International Multidiciplinary Conference ke-10. Bahwa dalam konferensi internasional multidisiplin ADRI tingkat Nasional nanti, rencananya akan diikuti ribuan peserta, yang ditargetkan datang dari seluruh Indonesia dan ASEAN.
 "ADRI juga akan mensinergikan jurnal yang dikelola masing-masing perguruan tinggi. Kemudian, kolaborasi riset dan publikasi antar dosen perguruan tinggi termasuk luar Lampung serta internasional," kata Ketua ADRI Lampung.
Terkait program itu, ADRI Provinsi Lampung, Yusuf yang juga Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL) ini tengah merancang pelatihan penelitian dan publikasi jurnal. Program lainnya, peningkatan produktivitas paten dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) melalui pendampingan khusus.
Mengenai keberadaan ADRI ditengah masyarakat, pria yang juga Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Organisasi Wilayah (ICMI Orwil) Lampung ini menjelaskan bahwa organisasi ADRI merupakan wadah perkumpulan para kaum dosen dan ahli profesional yang tidak berafiliasi pada partai politik atau organisasi masyarakat lain.
"Anggotanya dosen punya nomor induk dosen nasional (NIDN) dan bergelar minimal S2. Misinya membantu pengembangan karir dosen melalui optimalisasi tridarma perguruan tinggi,"tegas Yusuf.
Dalam kesempatan itu, sesuai tugas pokok dan fungsi kerjanya, ADRI Provinsi Lampung juga memiliki mandat merekomendasikan para dosen yang akan melanjutkan studi keluar negeri. “Selain itu, ADRI bisa membantu pihak kampus maupun sivitas akademika terkait menggelar pelatihan dan pendampingan penulisan artikel dan pengelolaan jurnal internasional. Hingga memberi masukan kepada pengambil kebijakan terkait dengan dosen,” ujarnya.
Terpisah, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP ADRI) Dr. Achmad Fatoni Rodli,M.Pd. mengucapkan selamat atas pengukuhan dan pelantikan para Ketua bersama Majelis Pengurus DPD ADRI di sembilan propinsi Indonesia. Selain Lampung turut dilantik delapan daerah lain yakni Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.
"Saya ucapkan selamat kepada yang terpilih (Ketua DPD) dan pengurusnya yang baru dilantik, semoga terbangun kerjasama antara ADRI ditiap daerah dengan kami (DPP ADRI), agar selaras dalam membangun program kerja pemerintah," katanya
Terkait keterpilihan dan kesiapan DPD ADRI Provinsi Lampung ditunjuk tuan rumah konfrensi internasional ADRI Nasional. Achmad Fatoni menegaskan pihaknya memberikan kepercayaan tersebut karena kapasitas dan kapabilitas Ketua ADRI Lampung berikut jajaran, terdiri dari berbagai akademisi kampus, yang rutin mengadakan rangkaian kegiatan serupa diberbagai kesempatan.
“Kita harap dengan keterpilihan (majelis pengurus) dan kehadiran ADRI Lampung dengan berbagai kegiatannya. Tentu akan memberikan dampak yang besar bagi kemajuan daerah, dan pemerintah setempat (Lampung) dan nasional. Karena tanpa kontribusi dan sumbangsih ide dari akademisi, maka kinerja ADRI tidak bisa dikatakan maksimal,” tukasnya. (rls/din)



Baca Juga
Berita Lainnya